Selasa, 04 Januari 2011

tips bermain rubik cube`s

pertama inilah nama- nma putaranya: F=front/sisi depan, U=up/sisi atas, D=down/sisi bawah, R=right/sisi kanan dan L=left/sisi kiri. F adalah sisi yang berhadapan dengan kamu. Arah putaran searah jarum jam (bayangkan sisi yang kamu menghadap sisi yang diputar, baru bayangin jarum jamnya, hehehe) kalo tanpa tanda ” ‘ “, kalau pake aksen berarti berlawanan jarum jam. Contoh: F’U artinya putar sisi depan berlawanan jarum jam 1x (90 derajat) lalu putar sisi atas searah jarum jam 1x.

1. pertama buatlah simbol + pada suatu sisi, lalu samakan sisi bawahnya dengan yang sama warnanya.
2 lalu putar simbol + tersebut ke bawah, lalu jadikan alas atau patokan taruhlah di bawah. Sekarang buat baris kedua jadi bener dengan mindahin warna yang ada di tengah atas ke tengah kanan atau tengah kiri, tergantung keadaan. Rumus kanan: URU’R'U’F'UF. Rumus kiri: U’L'ULUFU’F’.
3. Setelah 2 baris bener, sekarang bikin tanda (+) di bagian atas. Rumusnya: FRUR’U'F’. (kalo belum jadi, ulangi berkali-kali sampe jadi, hehehe).
4. Lalu benerin warna-warna yang dibawah tanda (+) itu di tiap sisinya dengan syarat dah ada satu warna yang bener, sisi warna itu jadiin sisi depan (F). Rumusnya RUR’URUUR’.
5. Kalo udah, benerin komposisi warna pojok-pojok. Tiap pojok harus punya komposisi warna yang bener, ketuker-tuker warnanya gakpapa, yang penting komposisinya. Cari salah satu yang komposisinya dah bener, taruh di kanan atas. Trus gunain rumus ini URU’L'UR’U'L.
6. Terakhir, kita tinggal putar pojok-pojokan tu. Caranya taruh pojok yang mau dibenarkan di kanan atas, lalu gunakan rumus R’D'RD beberapa kali sampai pojok tersebut bener (harusnya dia bener di pengerjaan ke 2 atau ke 4). Bawahnya emang bakal jadi ngaco, cuek aja. Puter U sekali (atau dua, atau tiga) sampai pojok lain yang mau dibenerin ada di kanan atas. Ulangi pengerjaan R’D'RD sampe bener itu. Kalau semua pojok dah bener, voila.. jadi deh.. (kadang U dan D perlu diputar beberapa kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar