Rabu, 17 November 2010

bahaya merokok

Di jaman sekarang ini mungkin sudah akrab dengan yang namanya Rokok, kalangan Tua, Muda, dewasa, maupun remaja pun kerap sekali merokok. bagi beberapa orang rokok adalah bagian dari dirinya, pria maupun wanita pada saat ini banyak yang merokok, namun sadarkah ia betapa bahayanya merokok bagi kesehatan???
Tahukah anda apa saja kandungan dalam rokok?? ROKOK mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen,dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan bahaya bagi kesehatan.Racun utama pada rokok adalah tar,nikotin,dan karbon monoksida.
• Tar adalah hirokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru
• Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah.Zat ini bersifat karsinogen,dan mampu memicu terjadinya kangker paru-paru.
• Karbon monoksida adalah Zat yang mengikat hemoglobin dalam darah,membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
• Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung,serta tekanan darah tinggi.
Selain dapat merugikan diri sendiri merokok juga dapat merugikan orang lain orang lain di sekitar kita yang menghirup udara rokok yang kita hisap atau yang sering disebut perokok pasif, Penyakit yang dapat diderita perokok pasif ini tidak lebih baik dari perokok aktif. Mereka menjadi mudah menderita kanker, penyakit jantung, paru dan penyakit lainnya yang mematikan. Mereka yang dikelilingi oleh asap rokok akan lebih cepat meninggal dibanding mereka yang hidup dengan udara bersih. Dan angka kematiannya meningkat 15% lebih tinggi. maka dari itu saya berharap agar berhentilah merokok, sayangilah tubuh anda dan orang sekitar kita, karena yang terkena dampak merokok bukan hanya diri kita saja tapi orang sekitar kita juga terkena dampaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar