Kamis, 25 November 2010

resensi: buku non fiksi

Tebal buku : 82 halaman
Harga buku : Rp.20.000,00

Menjadi seorang penulis handal dan terkenal memang tidaklah mudah, perlu background atau latar belakang keilmuan tertentu. Namun tidak semuanya harus alumni perguruan jurusan jurnalis atau sebagainya, untuk menjadi seseorang penulis tidak harus peneliti atau dosen untuk menjadi seorang novelis tidak perlu alumni perguruan tinggi jurusan sastra atau sebagainya. Tetapi pada prinsipnya siapapun orang itu walaupun tidak mengenyam pendidikan sastra, jika orang tersebut menguasai dan menyukai bidang yang akan ditulis pasti bisa.
Buku ini adalah sebuah jembatan bagi anda untuk mencoba menulis arikel baik untuk dipublikasikan di media massa, untuk seminar, maupun sebagai dokumentasi. Buku yang terdiri atas 6 bagian ini menjelaskan teknik menulis indah, teknik reportase, teknik menulis opini, teknik peliputan dan sebagainya. Sebagai tambahan buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh tulisan populer yang sudah pernah dipublikasikan baik media massa maupun tulisan yang pernah di seminarkan. Untuk menambah wawasan para pembaca buku ini juga dilengkapi dengan pendapat para pakar tentang pekerjaan wartawan atau pewarta.
Buku ini sangat cocok untuk remaja agar menyukai dunia tulis menulis, buku ini juga mengajak pembaca agar tidak malas dan bosan untuk menulis dan memberi wawasan bahwa tidak hanya lulusan perguruan tinggi saja yang bisa bergelut di dunia tulis menulis, tetapi semua orang yang berkeinginan dan mau belajar juga dapat menghasilkan karya yang bermutu. Didalam buku ini juga disertakan contoh karya tulis agar pembaca dapat terinspirasi dari contoh tersebut. Buku ini diharapkan dapat membantu pembaca membuat karya tulis secara otodidak.
Buku ini disajikan dalam bahasa yang santai dan secara sederhana agar pembaca dengan mudah mengerti apa yang dimaksud pengarang. Harga buku ini juga sangat terjangkau, sehingga dapat dijangkau masyarakat luas. Buku ini juga menyajikan cara-cara dan tips yang secara detail dan terperinci. Di buku ini juga disarankan agar kita giat dan rajin belajar dan menulis karena Dengan rajin belajar dan sering menulis sangat membantu membiasakan seseorang untuk aktif di dunia tulis menulis. Pengarang sangat berharap agar buku ini dapat membantu pembaca yang ingin terjun di dunia tulis menulis secara otodidak. Namun seperti kata pepatah tiada gading yang tak retak, sama halnya, dalam buku ini juga ada kelemahannya yaitu dalam penjelasannya buku ini terlalu singkat sehingga pembaca harus menelaah lebih dalam lagi.
Mudah-mudahan dengan membaca buku ini para siswa, mahasiswa maupun masyarakat luas yang sedang belajar menulis wawasannya bisa bertambah dan menimbulkan keinginan untuk mencoba dan mencoba lagi. Pada akhirnya timbul kebiasaan kebiasaan untuk mencatat, kemudian mendokumentasikan kegiatannya menjadi sebuah tulisan. Demikianlah buku ini sebagai tempat belajar semua orang yang ingin belajar tentang tulis menulis.
“Terima kasih semoga bermanfaat”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar