Senin, 15 November 2010

penggunaan bahasa indonesia dikalangan remaja

Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Remaja
Posted: November 3, 2010 by Baimers in Uncategorized
Tag:bahasa indonesia
0
Penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan remaja saat ini hampir sudah tidak ada yang menggunakannya dengan benar. Malah sedikit sekali remaja yang menggunakan Bahasa Indonesia dengan benar. Selang waktu yang berjalan, pengguna Bahasa Indonesia dengan benar telah di geser dengan bahasa-bahasa tidak di kenal (asin). Dikarenakan datangnya penduduk luar negeri ke dalam negeri, yang membaur Bahasa Indonesia dengan bahasa asing. Sekarang, bahasa-bahas di Indonesia telah banyak yang beredar di umum. Salah satu faktor yang menggunakan bahasa asing (tidak di kenal) untuk bahasa individu (sendiri). Bahasa yang digunakan sekarang adalah bahasa yang mudah di mengerti bagi orang yang membuatnya.
Contoh macam-macam bahasa saat ini :
• Bahasa Gaul
• Bahasa Prokem (prokem)
• Bahasa G
• Bahasa Gay
Kebanyakan orang menggunakan bahasa asing, untuk berbicara secara individu yang hanya di mengerti bagi yang mengerti saj, dengan kata lain bahasa asing di gunakan untuk berbicara yang rahasia di dalam keramaian. Bila menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, maka rahasia yang ingin kita bicarakan dengan lawan pembicara kita akan terdengar atau di ketahui oleh orang lain. Maka dari itu, di jaman sekarang para remaja membuat bahasa sendiri untuk saling berkomunikasi dengan yang lain yang mengerti. Para remaja saat ini kebanyakan meggunakan bahasa yang di buatnya sendiri. Bahasa Indonesia yang benar seiring waktu berjalan telah tergeser dengan bahasa yang lain dari pergaulan.

Sumber: https://baimers.wordpress.com/2010/11/03/penggunaan-bahasa-indonesia-di-kalangan-remaja/

Pendapat saya:
saya sependapat dengan artikel di atas, memang pada saat ini sudah jarang sekali kalangan remaja atau kalangan anak abg menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar. Banyak kalangan anak muda jaman sekarang yang menganggap bahwa jika menggunakan bahasa Indonesia dengan fomal atau baku itu tidak gaul atau kampungan. Jadi mereka lebih suka menggunakan bahasa gaul, bahasa tidak baku dan bahasa asing. Selain alasan gaul mereka menggunakan bahasa gaul atau bahasa asing juga agar obrolan mereka tidak diketahui orang lain. Sudah jarang sekali kalangan remaja menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar, maka kita sebagai generasi muda harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar nanti generasi dibawah kita dapat mencontoh bahwa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu tetap gaul dan tidak kampungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar